Sahabat dapat menjadi manajer
dan leader pada saat yang sama, tetapi hanya karena Anda seorang pemimpin
fenomenal tidak menjamin akan menjadi manajer yang hebat, dan sebaliknya, jadi
apa perbedaannya ?
1. Leader melakukan inovasi, sedangkan manajer
mengelola.Ini berarti bahwa seorang leader atau pemimpin adalah orang yang
datang dengan ide-ide baru dan menggerakkan seluruh organisasi ke dalam fase
berpikir untuk maju. Di sisi lain, manajer mempertahankan apa yang telah ditetapkan.
Orang ini harus mempertahankan kontrol dan mengatasi gangguan dalam organisasi
yang mungkin ada.
2. Leader
menginspirasi sementara manajer bergantung pada kontrol.Seorang pemimpin adalah
seseorang yang menginspirasi orang lain untuk menjadi yang terbaik dan tahu
cara yang tepat mengatur tempo serta kecepatan untuk seluruh kelompok.
Kepemimpinan adalah bukan apa yang Sahabat lakukan-tetapi apa yang orang lain
lakukan sebagai respon dari Sahabat. Jika tidak ada yang muncul di barisan,
maka Anda bukanlah seorang pemimpin.
Adapun manajer, tugas mereka adalah untuk mempertahankan kontrol atas orang
dengan membantu mereka mengembangkan aset mereka sendiri dan mengeluarkan bakat
mereka yang terbesar.
3. Pemimpin bertanya “what” dan “why,” sedangkan
manajer bertanya “how”.Jika perusahaan Sahabat mengalami kegagalan, pekerjaan
leader adalah untuk datang dan berkata, “Apa yang kita pelajari dari hal ini?”
Dan “Bagaimana kita menggunakan kegagalan
ini untuk memperjelas tujuan kita atau mendapatkan sesuatu yang lebih
baik?” Sebaliknya, manajer tidak benar-benar berpikir tentang apa artinya
kegagalan.Tugas mereka adalah untuk bertanya “bagaimana” dan “kapan” untuk
memastikan mereka melaksanakan rencana yang sesuai. Manajer menerima status quo
dan lebih seperti tentara di militer. Mereka tahu bahwa perintah dan rencana
yang penting dan tugas mereka adalah untuk menjaga visi mereka pada tujuan
perusahaan saat ini