Wisuda S1 Institut Koperasi Indonesia

Ngafatun Nur Fauziah, Nur Imroatus Shalikhah.SE, Bayu Candra Irawan.SE

Penggerak Koperasi

Serba serbi Koperasi segala sesuatu seputar Pegelolaan Koperasi

Manajemen Perusahaan Koperasi

Menyajikan Ilmu dan Seni Dalam menjalankan fungsi Perusahaan

Profil Koperasi

Contoh Koperasi yang baik dan sukses

Wirausaha

Inspirasi dan Motivasi dunia Wirausaha

Kamis, 09 Oktober 2014

Koperasi Pertanian Zen-Noh Jepang


Zen-Noh sebagai Induk Koperasi Pertanian Jepang yang berdiri pada 1972, tugas utamanya adalah untuk menyediakan barang-barang kebutuhan petani anggota koperasi pertanian, baik untuk proses produksi seperti mesin-mesin pertanian, bahan baku minyak atau gas serta barang-barang konsumsi. Selain itu, Zen-Noh juga memasarkan produksi anggota. Berbagai kegiatan dalam rangka pelayanan kepada anggota/ petani ini dilakukan melalui produksi sendiri, kerjasama dengan pabrik lokal, maupun melalui impor dan ekspor. Dari kegiatan usaha ini, Zen-Noh pada 2005 dapat mengumpulkan volume usaha (turn over) sebesar USD 63.448.881.360, yang menempatkannya pada peringkat satu versi Global 300 ICA. Dalam rangka tanggungjawab sosial, Zen-Noh terutama sangat memperhatikan produk makanan, khususnya beras yang berasal dari bibit yang 100% murni, kemudian pada lingkungan, antara lain dengan  adanya keharusan/ anjuran menggunakan pupuk kandang oleh para anggota/ petani.
Zen-Noh adalah Induk Koperasi Pertanian Jepang (National Federation of Agricultural Cooperative Association) merupakan koperasi terbesar di dunia. Beranggotakan 10 koperasi pertanian tingkat skunder/ provinsi (Prefectural Economic/ Cooperative Federation) ditambah 43 koperasi skunder khusus dan 66 koperasi bermacam jenis. Zen-Noh juga beranggotakan 1010 koperasi pertanian tingkat primer (Multipurposes cooperatives) yang pada saat ini mempunyai anggota perorangan sebanyak 4.444.800 orang dengan karyawan sebanyak 12.557 orang. Selain itu, masih ada 44 koperasi yang berstatus sebagai associate members.Sebagai lembaga koperasi, maka struktur organisasi Zen-Noh terdiri dari rapat anggota (general meeting) sebagai lembaga pengambilan keputusan/ kebijakan tertinggi, yang memilih dewan pengawas dan dewan auditor. Dewan pengawas selanjutnya menetapkan dewan direktur sebagai pelaksana organisasi dan usaha.
Tugas Utama
Sebagai koperasi pertanian tingkat induk/ nasional, maka tugas utama Zen-Noh yang dibentuk pada 1972 itu adalah menyediakan barang-barang kebutuhan petani anggotanya, baik untuk proses produksi maupun konsumsi seperti: pupuk organik dan pupuk kimia, makanan hewan, mesin-mesin pertanian, kendaraan bermotor, bahan bakar minyak, gas serta barang-barang konsumsi. Penyediaan barang-barang kebutuhan petani anggota ini dilakukan dengan beberapa cara: melalui pesanan kepada pabrik-pabrik lokal, dengan impor/ dengan menanamkan modal (investasi) pada perusahaan-perusahaan yang dapat menjamin penyediaan barang secara teratur. Dalam perusahaan ini Zen-Noh juga terlibat dalam manajemen untuk mewakili koperasi-koperasi primer dalam proses pengambilan keputusan. Khusus untuk  bahan-bahan untuk memproduksi pupuk kimian, serta obat-obatan dan makanan ternak, berupa minya bumi dan gas yang tidak dimiliki Jepang, Zen-Noh mengimpor dari negara-negara produsen minyak dan gas.

Masih dalam rangka menyediakan barang-barang kebutuhan petani anggotanya, Zen-Noh juga melakukan kegiatan ekonomi di luar negeri. Dalam perdagangan luar negeri, Zen-Noh mengadakan transaksi dengan koperasi-koperasi atau perusahaan swasta di luar negeri dalam rangka memenuhi kebutuhan petani anggota atau melalui perusahaan subsidiarinya seperti:
ΓΌ  Zen-Noh Grain Corporation, perusahaan yang berbasis di New Orlens Amerika Serikat ini berperan sebagai basis pembelian, pengiriman, penyimpanan dan ekspor bahan-bahan makanan, dan sekaligus sebagai basis pengumpulan informasi. Tugas utamanya adalah untuk menjamin kestabilan akses pada komponen utama dari bahan makanan seperti jagung.
ΓΌ  Nippon Jordan Fertilizer Co.Ltd, perusahaan kerjasama dengan Yordania yang dibentuk pada tahun 1992, dan berlokasi di Aqaba, di pantai Laut Merah. Pabrik ini setiap tahun menghasilkan pupuk sekitar 300.000 ton, sedangkan pupuk sintetis serta fosfat amoniak yang dihasilkan pabrik ini dijual di Jepang.
ΓΌ  Zen-Noh Cilo Corporation, perusahaan yang berlokasi di Tokyo ini menampung gandum yang diimpor dari berbagai negara untuk dikirim ke pabrik-pabrik makanan milik Zen-Noh.
ΓΌ  JA Higasi-Nihon Cooperative Feed and Mills Co. Ltd, merupakan perusahaan makanan skala besar yang pabrik-pabriknya tersebar di 16 propinsi/ prefecture di Jepang.
ΓΌ  Zen-Noh Grain Resources Corporation, perusahaan yang menangangi impor/ ekspor produksi dan bahan-bahan dasar pupuk, serta menangangi kargo, pergudangan hingga ke pengapalan dan pengirimannya. Selain itu perusahaan ini sejak melalui prosesing sejak penyaringan hingga pengepakan/ pengemasan pupuk.
ΓΌ  Zen-Noh Logistic Co. Ltd., perusahaan yang berdiri pada tahun 1971 dan bertugas untuk menangani distribusi barang-barang yang berkaitan dengan pertanian. Dengan jaringan yang berskala nasional, memiliki dua perusahaan cabang, lima kantor cabang dan 46 basis, perusahaan ini setiap tahunnya menanangi  11,7 juta ton barang. Tujuannya meliputi pengiriman produk-produk pertanian dari sentra-sentra produksi dari seluruh negeri ke pasar-pasar konsumen dan sebaliknya mengirimkan semua bahan yang diperlukan untuk produk pertanian ke wilayah produksi.
Untuk pelayanan barang-barang konsumsi kepada anggota, bekerja sama dengan koperasi-koperasi pertanian skunder dan primer, Zen-Noh membuka toko-toko dengan merk “A Coop”, yang di seluruh Jepang jumlahnya 2000 buah. Barang-barang yang dijual di toko koperasi tersebut meliputi: makanan, pakaian, alat-alat listrik, barang elektronika dan sebagainya. Untuk menjamin ketersediaan barang-barang konsumsi di toko-toko tersebut, Zen-Noh juga mengelola pusat pergudangan yang menyediakan barang-barang yang dijual di toko-toko koperasi.
Dari berbagai kegiatan usaha tersebut, baik yang di dalam maupun di luar negeri, Zen-Noh pada tahun 2005 meraup volume usaha USD 63.449 juta, sementara asetnya untuk tahun yang sama mencapai USD 18.449 juta, sehingga menurut versi ICA (Global 300 List) Zen-Noh menduduki peringkat satu dari 300 buah koperasi tingkat dunia.
Tanggungjawab Sosial
Selain dalam bidang ekonomi, kinerja Zen-Noh juga dinilai dari segi pelaksanaan tanggungjawab sosialnya (cooperative social responsibilty) dalam bentuk produknya serta perhatiannya pada lingkungan. Dalam hal produk pertanian,  Zen-Noh sangat menjaga kualitas dengan menentukan produsen makanan yang termasuk kelompok Zen-Noh untuk memperoleh pengakuan dari lembaga standarisasi internasional (ISO 9001). Khusus untuk beras yang menjadi makanan pokok masyarakat Jepang, Zen-Noh menjaga kestabilan antara ketersediaan dan permintaan bisa seimbang, sementara produksinya harus benar-benar “aman dan terpercaya” antara lain harus berasal dari bibit yang 100% murni, mendapat pengawasan dari lembaga riset, dan produknya memiliki riwayat yang benar-benar teruji.
Sementara dari aspek kepedulian pada lingkungan, Zen-Noh mempromosikan secara luas pupuk kandang dan pupuk kompos. Dalam kaitan dengan kepedulian lingkungan ini Zen-Noh sebagai lembaga yang dipercaya menjadi penghubung antara produsen dan konsumen mengeluarkan “kebijakan lingkungan”, dalam upaya memperbaiki status ekonomi dan sosial anggota, serta untuk memelihara industri pertanian Jepang serta masyarakat setempat.
Kebijakan lingkungan ini antara lain meliputi penggunaan sistem manajemen lingkungan dalam mengembangkan dan memperbaiki standar prosedur usaha dan pelaksanaan operasional usaha, pengamatan terhadap undang-undang serta persetujuan yang berkaitan lingkungan, serta melalui promosi dalam penggunaan energi, pengurangan jumlah limbah dan pelaksanaan daur-ulang.

Sumber: Profil Koperasi-koperasi Kelas Dunia, 2009, Editor Djabarudin Djohan, Pengantar Roby Tulus, LSP2I, hal 1-5

6 Jenis Model Koperasi Top di Dunia

Barangkali tidak banyak yang tahu kalau koperasi yang mendunia juga sangat banyak, masyarakat hanya tahu kalau koperasi itu hanyalah wadah ekonomi kecil. Dibawah ini saya coba sampaikan koperasi-koperasi besar masuk dalam peringkat 300 koperasi besar, namun dibawah ini akan saya tampilkan model koperasi yang sangat mungkin bisa di contoh di Indonesia.
1.      Koperasi Pertanian.
Koperasi Zen-Noh, koperasi ini merupakan induk koperasi pertanian di Negeri Matahari Terbit. Koperasi ini merupakan koperasi terbesar di dunia. Data pada tahun 2009 telah memiliki 10 anggota koperasi pertanian tingkat sekunder/propinsi ditambah 43 koperasi sekunder khusus dan 66 koperasi bermacam jenis. Anggotanya telah mencapai 1010 koperasi tingkat primer, adapau total anggota perorangan telah mencapai 4.444.800 orang, dengan karuawan mencapai 12,557 orang, sedangkan koperasi yang bersifat associate member ada 44 koperasi. Koperasi ini dibentuk tahun 1972. Kegiatan koperasi tersebut adalah menyediakan barang kebutuhan petani anggota koperasi pertanian seperti mesin-mesin pertanian, barang konsumsi serta bahan baku minyak atau gas. Untuk pemasaran produksi bagi anggotanya menjadi kegiatan yang sangat penting. Koperasi Zen-Noh juga memproduksi sendiri kebutuhan petani, melakukan kerjasama dengan pabrik local maupun melalui impor dan ekspor. Data tahun 2005 menyebutkan volume usaha sebesar USD 63.448.881.360, dalam rengking 300 koperasi terbaik no.01 di dunia.
2.      Koperasi Susu.
Koperasi Campina. Koperasi ini adalah salah satu yang terbesar di Eropa untuk koperasi susu. Anggota koperasinya berjumlah 7.768 orang pada tahun 2009. Penyebaran anggotanya ada pada 3 negara yaitu Belanda, Belgia dan Jerman. Koperasi ini berdiri tahun 1979, adapun karyawanya telah mencapai 6.814 orang. Produk yang dihasilkan antara lain: susu segar, yoghurt, mentega, keju, kue cream dan masih banyak produk makanan berbahan dasar susu. Di negeri ini kita kenal Campina dari prdunya yaitu es cream yang dijual di took dan supermarket. Velume usaha koperasi ini telah mencapai USD 4.266 juta pada tahun 2005. Koperasi ini masuk urutan koperasi terbesar ke-53 di dunia menurut ICA (International Cooperatives Aliance).
3.      Koperasi jasa Keuangan.
Koperasi bank kerjasama Rakyat di Malaysia. Kinerja bank yang berbentuk koperasi ini di akui baik di Asia tenggara maupun di dunia. Koperasi ini menerapkan prinsip-prinsip syariah karena mayoritas Malaysia mayoritas muslim. Di Malaysia sendiri Bank Rakyat adalah no.01 untuk kategori syariah, demikian juga di Asia Tenggara. Bank koperasi ini juga menempati posisi urutan 12 besar untuk kategori syariah. Pada tahun 2005 anggota koperasi ini berjumlah 4500 orang dengan volume usaha sebesar USD 6.358.444, koperasi ini masuk daftar koperasi berprestasi ke-4 pada Asia 300 Developing project yang dilaksanakan oleh ICA.
4.      Koperasi Konsumen.
Koperasi NTUC fairprice. Koperasi ini adalah koperasi konsumen yang berada di Singapura dengan Anggota 500.000 orang. Anggota sebanyak itu mampu dilayani dengan pendirian 180 supermarket yang tersebar di negeri Singapura. Pada tahun2007, koperasi ini mempekerjakan 5000 orang karyawan dengan turn over sebanyak SGD 1.42 milyar. Koperasi ini mempunyai rengking urutan 264 pada daftar global ICA. Koperasi ini memiliki beberapa took untuk melayani segmen yang beda-beda. Koperasi ini juga memiliki took khusus untuk memenuhi kebutuhan kaum muslim di Singapura dan koperasi ini telah menguasai 50% paras ritail di Singapura.
5.      Koperasi pekerja.
Koperasi Mondragon. Koperasi ini merupakan koperasi pekerja yang di dirikan pada tahun 1956. Anggotanya telah mencapai 62.764 orang pada tahun 2005. Koperasi ini mengelola 264 perusahaan yang terdiri dari 3 sektor: keuangan, ritai dan industri. Pendapatan koperasi ini pada tahun 2005 sebesar USD 14.040.467.424,-. Dengan pendapatan sebesar ini koperasi Mondragon berada pada urutan 9 pada global 300 ICA. Selain bidang ekonomi koperasi ini juga sangat menonjol pada kegiatan sosialnya.
6.      Koperasi Media.
Koperasi Associated Press. Merupakan koperasi terbesar yang memiliki kantor berita  terbesar di Amerika. Dibentuk pada tahun 1846, sebagai catatan koperasi ini hanya berdiri haanya 2 tahun setelah koperasi pertama di dunia, yaitu Koperasi Rochdale dibentuk pada tahun 1.844. memiliki 1500 surat kabar, stasiun televisi dan radio di Amerika. Layanan koperasi ini telah ada di 121 negara. Koperasi ini memiliki 243 kantor di 97 negara dengan karyawan 4100 yang terdiri dari wartawan, editor, teknisi dan staf. Volume bisnisnya sebesar USD 654 juta dan asset sebesar USD 630 tuta. Koperasi ini berada pada koperasi kelas dunia pada rengking 300 dalam global ICA.

Definisi manajemen operasi dan produksi yang dikemukakan oleh beberapa ahli


Dalam melaksanakan produksi suatu perusahaan, diperlukan suatu manajemen yang berguna untuk menerapkan keputusan – keputusan dalam upaya pengaturan dan pengkoordinasian penggunaan sumber daya dari kegiatan produksi yang dikenal sebagai manajemen produksi atau manajemen operasional. Berikut ini adalah definisi manajemen operasi dan produksi yang dikemukakan oleh beberapa ahli, antara lain :
1.       Jay Heizer dan Barry Render: 
“manajemen operasi adalah serangkaian kegiatan yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output”.
2.       Pangestu Subagyo: 
“manajemen operasi adalah penerapan ilmu manajemen untuk mengatur kegiatan produksi atau operasi agar dapat dilakukan secara efisien”.
3.       Eddy Herjanto:
“manajemen operasi dan produksi dapat diartikan sebagai suatu proses yang berkesinambungan dan efektif menggunakan fungsi – fungsi manajemen untuk mengintegrasikan berbagai sumber daya secara efisien dalam rangka mencapai tujua”.

Dari definisi – definisi yang telah dikemukakan diatas, dapat disimpulkan bahwa Manajemen Operasi dan Produksi merupakan serangkaian proses dalam menciptakan barang dan jasa atau kegiatan mengubah bentuk dengan menciptakan atau menambah manfaat suatu barang dan jasa yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Pengertian Manajeman Pemasaran


Dari berbagai sumber yang berhasil dihimpun banyak sekali pengertian manajemen pemasaran. Dalam kesempatan kali ini ada beberapa pengertian manajemen pemasaran dari berbagai ahli: 
1.       Pengertian manajemen pemasaran menurut American Marketing Association adalah sebagai berikut:
Manajemen Pemasaran adalah perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian operasi pemasaran total, termasuk tujuan perumusan tujuan pemasaran, kebijakan pemasaran, program pemasaran dan strategi pemasaran, yang ditujukan untuk menciptakan pertukaran yang dapat memenuhi tujuan individu maupun organisasi.
2.  Pengertian manajemen pemasaran menurut Philip Kotler/Armstrong (2002:14), terjemahan Wilhelmus W. Bakowatun menyebutkan bahwa :
“Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi”
3.       Pengertian manajemen pemasaran menurut Buchari Alma (2004:130), yaitu:
“ Manajemen Pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dipemasaran.”
4.   Pengertian manajemen pemasaran menurut Lupiyo Adi (2006:6) dikatakan bahwa :
“Manajemen pemasaran adalah suatu analisis, perencana, pelaksanaan serta kontrol program-program yang telah direncanakan dalam hubungannya dengan pertukaran-pertukaran yang diinginkan terhadap konsumen yang dituju untuk memperoleh keuntungan pribadi maupun bersama”.
5.    Pengertian manajemen pemasaran menurut Philip William J. Shultz (dalam buku Prof. Dr. H. Buchari Alma, “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa”, cetakan-7, 2005, p130),
Manajemen pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dari perusahaan.
6.  Pengertian manajemen pemasaran dalam buku "Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen (Dharmmesta & Handoko, 1982)" adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).
7.  Pengertian manajemen pemasaran menurut John W. Mullins, Marketing management is the process of analyzing, implementing, coordinating, and controlling programs, involving the conception, pricing, promotion, and distributions of products, services and ideas designed to create and maintain beneficial exchanges with target market for the purpose of achieving organizational objectives.
8.  Pengertian manajemen pemasaran menurut Peter R. Dickson, Marketing management is the many and variate organizational activities involved in understanding what consumer want and how they behave.
9.  Pengertian manajemen pemasaran menurut Swastha (1995 : 5) : penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.
10. Pengertian manajemen pemasaran menurut Sofyan Assauri (2004) Manajemen Pemasaran merupakan kegiatan menganalisis, merencanakan, mengkoordinasikan dan mengendalikan semua kegiatan yang terkait dengan perancangan dan peluncuran produk, pengkomunikasian, promosi dan pendistribusian produk tersebut, rnenetapkan harga dan mentransaksikannya, dengan tujuan agar dapat memuaskan konsumennya dan sekaligus dapat mencaapi tujuan organisasi perusahaan jangka panjang.
11.Pengertian manajemen pemasaran menurut Winardi, mengemukakan “manajemen pemasaran adalah proses pengambilan keputusan, perencanaan, pengawasan aspek-aspek pemasaran sesuatu perusahaan sehubungan dengan konsep pemasaran, di dalam sistem pemasaran.”
12. Pengertian manajemen pemasaran menurut William J. Stanton adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan pertukaran dengan pasar yang dituju, dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi.

13. Pengertian manajemen pemasaran dalam buku Marketing management: A strategic approach with a global orientation (Boyd, Walker, Larreche, 1998) adalah suatu proses analisis, perencanaan, implementasi, koordinasi dan pengendalian program pemasaran yang meliputi kebijakan produk, harga, promosi, dan distribusi dari produk, jasa, dan ide yang ditawarkan untuk menciptakan dan meningkatkan pertukaran manfaat dengan pasar sasaran dalam upaya pencapaian tujuan organisasi (Boyd, Walker, Larreche, 1998, p.16).