Jumat, 21 Oktober 2016

Pengaruh Kinerja Pengurus Terhadap Tingkat Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelayanan Pada Anggota


Studi dalam penelitian ini mengenai Pengaruh Kinerja Pengurus Terhadap Tingkat Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam  Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelayanan Pada Anggota (Studi Kasus Pada Koperasi  Simpan Pinjam Di Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan). Adapun maslah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) seberapa besar pengaruh kinerja pengurus terhadap tingkat kesehatan koperasi, (2) seberapa besar pengaruh tingkat kesehatan koperasi mempengaruhi kepuasan pelayanan pada anggota koperasi, (3) seberapa besar pengaruh kinerja pengurus terhadap kesehatan koperasi dan dampaknya terhadap kepuasan pelayanan pada anggota koperasi, (4) upaya apa yang perludilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelayanan pada anggota yang dipengaruhi kinerja pengurus dan kesehatan koperasi.
Penelitian ini menggunakan metode analisis path.  Jumlah sampel yang diambil 50 responden dengan menggunakan teknik sampling proposive. Dalam penelitan ini data dikumpulkan melalui metode dokumentasi, wawancara, kuisioner dan studi pustaka.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh antara variabel kinerja pengurus (x) dengan tingkat kesehatan koperasi (y)  adalah sebesar 0,935. Artinya hubungan antara kinerja pengurus dengan kesehatan koperasi adalah hubungan yang sangat kuat dan searah karena nilainya positif; pengaruh antara variabel tingkat kesehatan (y)   terhadap kepuasan pelayanan pada anggota (z) adalah sebesar 0,801. Artinya hubungan antara tingkat kesehatan terhadap kepuasan pelayanan pada anggota adalah hubungan yang  kuat dan searah karena nilainya positif ; pengaruh tidak langsung variabel kinerja pengurus (x) terhadap variabel kepuasan pelayanan pada anggota (z)  yang melalui variabel kesehatan koperasi (y)  adalah sebesar 0,935 x 0,801 = 0,7489 atau 0,75. Hal ini menunjukkan tingkat kepuasan pelayanan pada anggota dipengaruhi kinerja pengurus dan kesehatan koperasi; Penilaiaan Kinerja Pengurus Koperasi Simpan Pinjam di Kabupaten Muara Enim menunjukkan hasil Baik, kesehatan koperasi pada Koperasi Simpan Pinjam di Kabupaten Muara Enim Cukup Sehat, Kepuasan Pelayanan Pada Anggota  Koperasi Simpan Pinjam Di Kabupaten Muara Enim Memuaskan.