Dari berbagai sumber yang berhasil dihimpun banyak sekali pengertian manajemen pemasaran. Dalam kesempatan kali ini ada beberapa pengertian manajemen pemasaran dari berbagai ahli:
1.
Pengertian manajemen pemasaran menurut American
Marketing Association adalah sebagai berikut:
Manajemen
Pemasaran adalah perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian operasi pemasaran
total, termasuk tujuan perumusan tujuan pemasaran, kebijakan pemasaran, program
pemasaran dan strategi pemasaran, yang ditujukan untuk menciptakan pertukaran
yang dapat memenuhi tujuan individu maupun organisasi.
2. Pengertian manajemen pemasaran menurut Philip
Kotler/Armstrong (2002:14), terjemahan Wilhelmus W. Bakowatun menyebutkan bahwa
:
“Manajemen
pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas
program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan
pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk
mencapai sasaran organisasi”
3.
Pengertian manajemen pemasaran menurut Buchari
Alma (2004:130), yaitu:
“
Manajemen Pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh
kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dipemasaran.”
4. Pengertian manajemen pemasaran menurut Lupiyo
Adi (2006:6) dikatakan bahwa :
“Manajemen
pemasaran adalah suatu analisis, perencana, pelaksanaan serta kontrol
program-program yang telah direncanakan dalam hubungannya dengan
pertukaran-pertukaran yang diinginkan terhadap konsumen yang dituju untuk memperoleh
keuntungan pribadi maupun bersama”.
5. Pengertian manajemen pemasaran menurut Philip
William J. Shultz (dalam buku Prof. Dr. H. Buchari Alma, “Manajemen Pemasaran
dan Pemasaran Jasa”, cetakan-7, 2005, p130),
Manajemen
pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan
pemasaran perusahaan ataupun bagian dari perusahaan.
6. Pengertian manajemen pemasaran dalam buku
"Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen (Dharmmesta &
Handoko, 1982)" adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan
oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk
berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak
sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan
pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika
menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang
lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).
7. Pengertian manajemen pemasaran menurut John W.
Mullins, Marketing management is the process of analyzing, implementing,
coordinating, and controlling programs, involving the conception, pricing,
promotion, and distributions of products, services and ideas designed to create
and maintain beneficial exchanges with target market for the purpose of
achieving organizational objectives.
8. Pengertian manajemen pemasaran menurut Peter R.
Dickson, Marketing management is the many and variate organizational activities
involved in understanding what consumer want and how they behave.
9. Pengertian manajemen pemasaran menurut Swastha
(1995 : 5) : penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan
program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju
dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.
10. Pengertian manajemen pemasaran menurut Sofyan
Assauri (2004) Manajemen Pemasaran merupakan kegiatan menganalisis,
merencanakan, mengkoordinasikan dan mengendalikan semua kegiatan yang terkait
dengan perancangan dan peluncuran produk, pengkomunikasian, promosi dan
pendistribusian produk tersebut, rnenetapkan harga dan mentransaksikannya,
dengan tujuan agar dapat memuaskan konsumennya dan sekaligus dapat mencaapi
tujuan organisasi perusahaan jangka panjang.
11.Pengertian manajemen pemasaran menurut Winardi,
mengemukakan “manajemen pemasaran adalah proses pengambilan keputusan,
perencanaan, pengawasan aspek-aspek pemasaran sesuatu perusahaan sehubungan
dengan konsep pemasaran, di dalam sistem pemasaran.”
12. Pengertian manajemen pemasaran menurut William
J. Stanton adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan
program-program yang ditujukan untuk mengadakan pertukaran dengan pasar yang
dituju, dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi.
13. Pengertian manajemen pemasaran dalam buku
Marketing management: A strategic approach with a global orientation (Boyd,
Walker, Larreche, 1998) adalah suatu proses analisis, perencanaan,
implementasi, koordinasi dan pengendalian program pemasaran yang meliputi
kebijakan produk, harga, promosi, dan distribusi dari produk, jasa, dan ide
yang ditawarkan untuk menciptakan dan meningkatkan pertukaran manfaat dengan
pasar sasaran dalam upaya pencapaian tujuan organisasi (Boyd, Walker, Larreche,
1998, p.16).